MENGAPA
PRODUSEN MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Segmentasi pasar dipengaruhi oleh target pasar yang
sudah ditetapkan oleh suatu perusahaan yang dilatarbelakangi dari produk yang
di hasilkan, tujuan visi dan misi dari suatu perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan pasar. Dengan melakukan segmentasi kita dapat
mengetahui strategi marketting yang akan diterapkan ke pasar supaya manajer
pemasaran bisa membuat keputusan berkenaan dengan pasar yang dimaksud. Segmentasi pasar
juga dapat meningkatkan efektifitas strategi pemasaran yang telah disusun
sehingga bisa lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan
seefektif dan seefesien mungkin.
B.
PEMBAHASAN DAN TEORI
a.)
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
itu segmentasi pasar
2. Mengapa
produsen melakukan segmentasi pasar
3. Apa
tujuan produsen melakukan segmentasi pasar
b.) TUJUAN
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi
pasar bertujuan untuk membuat pemasaran Anda lebih efektif, dan juga dapat
membantu Anda melayani kebutuhan pelanggan Anda lebih baik. Meskipun Anda
sedang menjual produk dasar yang sama untuk semua segmen, Anda dapat mengembangkan
paket add-on produk dan layanan untuk setiap kelompok yang berbeda.
BAB
2
PEMBAHASAN
1. Apa
itu segmentasi pasar
Segmentasi
Pasar adalah pengelompokkan
pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok
(bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran
suatu produk. Tergantung pada karakteristik
khusus dari produk, kelompok ini dapat dibagi dengan kriteria seperti usia dan
jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi atau pendapatan. Kampanye
pemasaran dapat dirancang dan dilaksanakan untuk menargetkan segmen pelanggan
tertentu.
2. Alasan
produsen melakukan segmentasi pasar
Salah
satu alasan utama untuk menggunakan segmentasi pasar adalah untuk membantu
perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan basis pelanggan tertentu. Pemasaran
massal mengasumsikan bahwa semua pelanggan adalah sama dan akan menanggapi
iklan dengan cara yang sama. Dengan kita memandang ada kelompok pelanggan
potensial yang berbeda satu sama lain, maka pesan pemasaran dapat lebih tepat
sasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan orang-orang.
Seringkali,
membagi konsumen dengan kriteria yang jelas akan membantu perusahaan
mengidentifikasi aplikasi lain untuk produk mereka yang mungkin belum jelas
sebelumnya. Hal ini sering membantu perusahaan menargetkan audiens yang lebih
besar dalam klasifikasi demografis yang sama, meningkatkan pangsa pasar di
antara basis tertentu. Segmentasi pasar juga dapat berfungsi untuk
mengidentifikasi kelompok-kelompok kecil orang yang membentuk mereka sendiri,
kelompok bagian yang tidak diketahui sebelumnya, sehingga lebih meningkatkan
efisiensi keseluruhan upaya pemasaran perusahaan.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi agar segmentasi
pasar dapat efektif harus memenuhi ketiga kriteria sebagai berikut : pertama,
dapat dijangkau, di sini seorang manajer pemasaran harus melihat berbagai
faktor yang dapat menghambat di antaranya : transportasi, luas wilayah,
perilaku masyarakat, dsb. Agar segmentasi yang telah direncanakan dapat
berjalan dengan baik. Kedua, dapat diukur, karena perilaku pasar pada
kenyataannya lebih bersifat heterogen. Maka perlu kita membuat batasan-batasan
agar dapat mengukur seberapa besar perbedaaan tiap-tiap pasar. Ketiga,
memberikan keuntungan, tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah memperoleh
laba atau keuntungan. Maka dari itu seorang manjer harus betul-betul
merencanakan segmen pasar sehingga dapat memperoleh laba atau keuntungan .
Sumber :
Kelompok : -Vella Nugra Vidyati (17211252)
-Lusi Raka Desia (14211160)
-Yassirly (17211495)
-Rudi (16211478)
No comments:
Post a Comment