Saturday, October 26, 2013

TUGAS SOFTSKIL (mengapa produsen melakukan segmentasi pasar)


MENGAPA PRODUSEN MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Segmentasi pasar dipengaruhi oleh target pasar yang sudah ditetapkan oleh suatu perusahaan yang dilatarbelakangi dari produk yang di hasilkan, tujuan visi dan misi dari suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar.  Dengan melakukan segmentasi kita dapat mengetahui strategi marketting yang akan diterapkan ke pasar supaya manajer pemasaran bisa membuat keputusan berkenaan dengan pasar yang dimaksud.  Segmentasi pasar juga dapat meningkatkan efektifitas strategi pemasaran yang telah disusun sehingga bisa lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan seefektif dan seefesien mungkin.

B.     PEMBAHASAN DAN TEORI

a.)    RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu segmentasi pasar
2.      Mengapa produsen melakukan segmentasi pasar
3.      Apa tujuan produsen melakukan segmentasi pasar

b.)    TUJUAN SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar bertujuan untuk membuat pemasaran Anda lebih efektif, dan juga dapat membantu Anda melayani kebutuhan pelanggan Anda lebih baik. Meskipun Anda sedang menjual produk dasar yang sama untuk semua segmen, Anda dapat mengembangkan paket add-on produk dan layanan untuk setiap kelompok yang berbeda.



BAB 2
PEMBAHASAN


1.      Apa itu segmentasi pasar

Segmentasi Pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Tergantung pada karakteristik khusus dari produk, kelompok ini dapat dibagi dengan kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain, seperti lokasi atau pendapatan. Kampanye pemasaran dapat dirancang dan dilaksanakan untuk menargetkan segmen pelanggan tertentu.

2.      Alasan produsen melakukan segmentasi pasar
Salah satu alasan utama untuk menggunakan segmentasi pasar adalah untuk membantu perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan basis pelanggan tertentu. Pemasaran massal mengasumsikan bahwa semua pelanggan adalah sama dan akan menanggapi iklan dengan cara yang sama. Dengan kita memandang ada kelompok pelanggan potensial yang berbeda satu sama lain, maka pesan pemasaran dapat lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan orang-orang.
Seringkali, membagi konsumen dengan kriteria yang jelas akan membantu perusahaan mengidentifikasi aplikasi lain untuk produk mereka yang mungkin belum jelas sebelumnya. Hal ini sering membantu perusahaan menargetkan audiens yang lebih besar dalam klasifikasi demografis yang sama, meningkatkan pangsa pasar di antara basis tertentu. Segmentasi pasar juga dapat berfungsi untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok kecil orang yang membentuk mereka sendiri, kelompok bagian yang tidak diketahui sebelumnya, sehingga lebih meningkatkan efisiensi keseluruhan upaya pemasaran perusahaan.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi agar segmentasi pasar dapat efektif harus memenuhi ketiga kriteria sebagai berikut : pertama, dapat dijangkau, di sini seorang manajer pemasaran harus melihat berbagai faktor yang dapat menghambat di antaranya : transportasi, luas wilayah, perilaku masyarakat, dsb. Agar segmentasi yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Kedua, dapat diukur, karena perilaku pasar pada kenyataannya lebih bersifat heterogen. Maka perlu kita membuat batasan-batasan agar dapat mengukur seberapa besar perbedaaan tiap-tiap pasar. Ketiga, memberikan keuntungan, tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah memperoleh laba atau keuntungan. Maka dari itu seorang manjer harus betul-betul merencanakan segmen pasar sehingga dapat memperoleh laba atau keuntungan .


 Sumber :

Kelompok : -Vella Nugra Vidyati (17211252)
                     -Lusi Raka Desia (14211160)
                  -Yassirly (17211495)
                  -Rudi      (16211478)





No comments:

Post a Comment